Jumat, 21 Agustus 2009

Puasa Kok Mewah






Bingung juga saat bulan puasa tiba, semua orang berlomba membeli makanan yang banyak, sampai-sampai sehari menjelang puasa supermarket dan mall penuh. Tujuannya bekal makanan buat buka puasa dan sahur.

Aneh..padahal hakekat puasa menahan lapar dan haus dan logikanya kita mengkonsumsi makanan berkurang bukan malah bertambah. Dan keanehan itu tergambar tahun demi tahun dan justru pada bulan suci ini penjualan supermarket, pasar melonjak tajam hingga 300%.

Saya sih nyante aja di bulan puasa, ngak ada istimewanya meskipun saat berbuka. Soalnya sudah terbiasa dari dulunya sebagai kontraktor alias ngontrak sana ngontrak sini, jadi menu buka puasapun tidak ada yang istimewa. Bahkan saat sahur pun cukup makan beberapa butir kurma kelihatan udah lebih dari cukup.

Kebiasaan ini terus berlanjut meskipun sudah berkeluarga dan mempunyai seorang jagoan. Hari pertama puasa malah berbuka dengan jambu batu yang dipetik didepan rumah. Gara-gara sikecil rewel dan sakit, maka istri belum bisa menyediakan makanan. Menu istimewanhya sih buru-buru beli sate dipinggir jalan.

Sahurpun sama, cukup tersedia nasi dan kurma dan sedikit lauk kelihatan sdh nikmat.

Berbuka hari kedua tidak lebih dari hari pertama, bedanya lauknya dimasak dirumah dan menunya tidak ada yang istimewa, sama seperti makan siang atau makan malam sebelum puasa tiba.

Dan kebiasaan itu sama sekali tidak menghilangkan niat berpuasa, justru selama ini saya merasakan jika puasa tiba maka budget untuk makan justru berkurang.

Lebih iritnya lagi kalau undangan buka puasa udah ngantri..jadinya dirumah ngak perlu masak-masak segala..

Saya tambah bingung kok orang lain sampe pada ngutang semua gara-gara puasa..

Kelihatan pada balas dendam gara-gara puasa seharian dan di rapel saat buka..aduh itu kan bukan sehat dan bisa akan menjadi penyakit kalau dipaksakan.

Menjelang lebaran, semua sibuk belanja baju lebaran, kalau saya sih malas belanja menjelang lebaran. Soalnya harga –harga sudah pada naek semua. Lagian kalau semua pake baju baru kan ngak ada saingan he.he…Kalau mau beli baju dengan harga murah sih belinya 2 bulan setelah lebaran harga pasti deh bantingan semua..Dan simpan aja buat lebaran berikutnya, kan baru juga kalau tidak pernah dipakai..

Mau coba….pasti ngirit.

Bekasi, 03-09-08

1 komentar:

herman sitorus mengatakan...

lebaran sabontar lagi bah..
baju barupun tak ada,
macam manalah aku ini??"
whahaha..
adong sobat giot malehen hepeng
tu au??
hehehe...

lOpo MarSuO